Soal dan Jawaban UAS Pengantar Teknologi Informasi dan Komunikasi Yang Biasa Muncul di Perguruan Tinggi dan SMK

SOAL :
  1. Mengapa Sistem Informasi dan Teknologi Informasi diperlukanoleh suatu organisasi/perusahaan/instansi ?
  2. Berikan contoh studi kasus (sebutkan objek tempatnya) yang menunjukan bahwa Sistem Informasi dan Teknologi Informasi diperlukan ! Jelaskan Keunggulan dan Kelemahan dengan adanya SI & TI pada organisasi/perusahaan/instansi tersebut !
  3. Jelaskan apa yang kalian pahami tentang sebuah konsep dasar komputer ! Berikan 1 contoh penerapannya !
  4. Di teknologi di masa depan yang akan dating, apabila kalian menjadi seorang ahli IT, alat teknologi apa yang akan kalian rancang dalam bidang pertanian ? Jelaskan secara detail cara kerja alat teknologi tersebut !
  5. Mengapa hardware dan software bisa bekerja sama dalam sebuah computer ? Sementara dilihat dari ciri fisiknya software dan hardware bertolak belakang.
  6. Mengapa database diperlukan dalam sebuah aplikasi ?
  7. Dalam merakit sebuah komputer, jelaskan 3 kondisi seperti apa saja ketika harus memasang hardware tambahan pada slot peripheral !


JAWABAN :
  1. Karena Sistem Teknologi Informasi dalam suatu organisasi sangat diperlukan untuk mendukung strategi bersaing bisnis sehingga keuntungan dapat diraih. Penggunaan sistem komunikasi komputer seperti surat elektronik (email) ataupun sejenisnya dalam tatanan organisasi dapat menghilangkan pesan berganda kepada orang yang kita tuju. Dari contoh kecil diatas dapat disimpulkan bahwa media ini telah mengubah organisasi secara mendasar. Dengan kata lain, dapat dikatakan bahwa dengan adanya perkembangan Sistem Teknologi Informasi ini, memungkinkan suatu organisasi untuk mengalami transformasi.
  2. Studi Kasus : Perusahaan pembuat tahu bulat yang berada ditempat yang kurang ramai penduduknya sehingga dalam memasarkan produk berupa tahu bulat itu sangat susah untuk mendapatkan pembeli, maka perusahaan itu membutuhkan Sitmen Informasi dan Teknologi Informasi agar memasarkan produknya itu bisa lebih efektif.
    • Keunggulan : Agar memasarkan produknya bisa lebih efektif dengan cara memasangkan iklan melalui media sosial berupa internet sehingga dapat menarik perhatian pembeli dari berbagai tempat yang tidak hanya berada diwilayah perusahaan itu, juga dapat memudahkan cara pemesanan produk dari pembeli yang lokasinya cukup jauh dari perusahaan.
    • Kelemahan : Jasa pengirimannya bisa membutuhkan waktu yang lama, dalam memsangkan iklan pun membutuhkan biaya yang cukup besar, mudahnya pesaing melakukan hal licik dengan cara membobol (hacker) situs yang dimiliki.
  3. Konsep dasar komputer menurut saya terdiri dari :
    • Software Komputer yang merupakan program-program yang befungsi mengatur kerja hardware. Contoh system operasi yaitu :
      1. Inpute Device (alat masukan)
      2. Output Device (alat keluaran)
      3. CPU (Central Processing Unit)
      4. Memori
    • Brainware yaitu merupakan manusia yang mengoprasikan dan mengendalikan system komputer. Brainware dibagi menjadi beberapa bagian yaitu :
      1. Operator
      2. Programmer
      3. Analisis
    • Contoh Penerapannya yaitu apabila programmer mengetikan suatu rancangan yang dibuat analisis melalui Kecboar (alat masukan) sehingga kata demi kata diolah melalui komputer dan kemudian ditampilkan dilayar komputer.
  4. Membuat alat penyiram sayur – sayuran otomatis yang terhubung ke komputer atau alat teknologi lainya.
    Cara penggunaannya yaitu dengan cara menyetting jadwal waktu penyiraman otomatis pada komputer atau alat teknologi lain yang terhubung pada alat penyiram sehingga alat penyiram itu akan otomatis bekerja pada waktu yang sudah ditentukan.
  5. Karena Perangkat keras Hardware apabila tanpa software maka komputer hanyalah sebuah mesin yang tidak berguna dalam arti tanpa adanya hardware komputer tidak berguna. Karena software tercipta untuk menulis fungsionalitas pada komputer tersebut sehingga terciptalah sebuah komputer yang memiliki fungsi untuk digunakan.
  6. Karena dengan adanya database suatu data aplikasi akan menjadi aman karena suatu data aplikasi yang tersimpan di database diperlukan password untuk mengaksesnya. Dan memudahkan untuk membuat aplikasi baru, karena apabila kita ingin membuat aplikasi baru tidak perlu membuat database yang baru juga, atau tidak perlu mengubah kembali struktur database yang sudah ada. Sehingga Si pembuat aplikasi atau programmer hanya cukup membuat atau pengatur antarmuka aplikasinya saja.
  7. 3 kondisi ketika harus memasang hardware tambahan pada slot peripheral saat merakit sebuah komputer :
    Apabila kita ingin terkoneksi dengan internet, maka harus ditambahkan Network Card
    Apabila VGA Card Internal mati/rusak, maka harus ditambahkan VGA Card Eksternal
    Apabila sebuah komputer ingin menghasilkan suara yang bagus, maka harus ditambahkan Sound Card

Comments

Popular posts from this blog

Contoh Laporan Hasil Analisis Jaringan Komputer Lab Dengan Membuat Susunan Statik Menggunakan Cisco Paket Tracker

TOP SONGS 2017